Museum Trowulan

Museum ini terletak di wilayah Dusun Trowulan Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Mojokerto. Dapat dicapai menggunakan semua jenis transportasi melalui jalan raya Trowulan.
Museum ini didirikan oleh Kanjeng Adipati Ario Kromojoyo bersama Ir. Henry Maclaine Pont pada tahun 1942 dengan tujuan untuk menampung artefak kasil penelitian arkeologi di sekitar trowulan.
Saat ini, museum yang juga dikenal sebagai Balai Penyelamatan Arca memiliki koleksi berbagai temuan di wilayah Jawa Timur. Benda-benda koleksi ini telah di lengkapi dengan keterangan singkat dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris.
Ruang museum ini terbagi menjadi dua bagian :
  1. Ruang Pamer, digunakan untuk memamerkan artefak berukuran relative kecil. Misal : mata uang, prasasti, alat music, peralataan rumah tangga, dan senjata.
  2. Pendopo, digunakan sebagai tempat pamer artefak berukuran relative berat dan masih seperti arca, relief, kala, yoni, dan lain-lain.
Harga tiket untuk pengunjung pun berbeda. Pengunjung pengunjung anak-anak, pelajar, dan mahasiswa dikenai biaya sebesar Rp 1.000, sedangkan untuk umum dikenai biaya sebesar Rp 2.500. Dan khusus untuk turis asing dikenai biaya sebesar Rp 5.000.Fasilitas lain yang tersedia adalah musholla, taman, perpustakaan, toko souvenir, dan warung-warung atau kafetaria.

No comments:

Post a Comment